WELCOME TO MY BLOG SEMOGA INFONYA BERMANFAAT DAN JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTAR ANDA

Wednesday, November 30, 2011

perokok aktif versus perokok pasif


Seorang perokok aktif membunuh 200 ribu orang perokok pasif dalam satu tahun. Sungguh angka fantastik yang sangat mengerikan. Tapi inilah kesimpulan yang dikeluarkan Organisasi Kesehatan Nasional dalam memperingati Hari Tanpa Rokok, tanggal 31 Mei 2007 lalu. kenapa bisa begitu ????? karena Menghirup asap rokok orang lain lebih berbahaya dibandingkan menghisap rokok sendiri. Bahkan bahaya yang harus ditanggung perokok pasif tiga kali lipat dari bahaya perokok aktif. hal ini dikarenakan Konsentrasi zat berbahaya di dalam tubuh perokok pasif lebih besar karena racun yang terhisap melalui asap rokok perokok aktif tidak terfilter. Sedangkan racun rokok dalam tubuh perokok aktif terfilter melalui ujung rokok yang dihisap. "Namun konsentrasi racun perokok aktif bisa meningkat jika perokok aktif kembali menghirup asap rokok yang ia hembuskan.Racun rokok terbesar dihasilkan oleh asap yang mengepul dari ujung rokok yang sedang tak dihisap. Sebab asap yang dihasilkan berasal dari pembakaran tembakau yang tidak sempurna.


walau kenyataannya seperti ini kenapa kebanyakan dan seringnya para perokok pasif yang harus mengalah dengan para perokok aktif itu ,seperti Waktu meraka para perokok aktif merokok di tempat umum , satu atau beberapa orang di sekitar yang bukan perokok aktif memberikan reaksi semisal :
1. Menutup hidung
2. Kipas2 buat ngusir asepnya
3. Pindah tempat
tapi  reaksi yang diberikan si perokok malah Cuek aj n lanjut ngrokok,mereka gak sadar kalo ada yg terganggu dengan aktifitas yag dilakukannya itu, dan kalo ditegur secara terang terangan atau bahkan ngumpat ke perokok aktif (terang2an ato ngedumel doank) , malahan para perokok mungkin bereaksi dengan  marah marah dan menyalahkan si perokok pasif tersebut. kenapa hal ini terjadi ???? kalo mereka merasa punya hak untuk merokok,para perokok pasif pun juga punya hak untuk menghirup udara segar yg bebas polusi. 

Nah saya punya beberapa pendapat tentang bagaimana interaksi yang baik antara perokok pasif dan perokok aktif 
  1. Buat perokok aktif , WAJIB liat sekitar kalo mau ngrokok . Ada larangan dilarang merokok gak . Kalo ada ya WAJIB jg matuhin aturan (jangan ngerokok disitu)
  2. Sebisa mungkin hindari merokok di tempat umum yg byk orang ky restoran, kantin kampus, emperan mall/toko, dsb karena mereka juga punya hak buat menghirup udara segar dan bebas polusi, ya walaupun gak ada larangan ngrokok disitu.Tahan diri lah dikit, buat ngehargain orang2 sekitar kita.
  3. Jagan ngrokok di pomp bensin 
  4. Kalo sudah kebelet pgn ngrokok di tempat umum yg banyak orang, carilah tmpat yg agk jauh dr kerumunan dan sepi. Atau cari org yg lagi ngerokok buat temen.
  5. paling baik ya berhenti merokok karena itu baik buat kesehatan.
trus buat perokok pasif
  1. Silakan menegur perokok aktif bila emg terganggu. Baek2 tp omonginnya 
  2. Sebisa mungkin menegur dgn baik dan ramah . Misal "mas/mbak maaf .. rokoknya bs di tempat lain / dimatiin ?? sy merasa terganggu" . Jgn asal ngumpat , marah , atau langsung tonjok 
Mari kita jaga interaksi antara perokok aktif dan perokok pasif. Mari saling pengertian.

buat para perokok sekedar memberi info kalo banyak zat bahaya yang ada pada rokok, seperti di tunjukkan pada gambar yang ada di bawah ini

No comments:

Post a Comment